Minggu, 05 April 2020

Mau Mahir Ngoding? Ketahui Semua Dasarnya di Sini

Bahasa pemrograman web mana yang paling baik digunakan?
Bahasa pemrograman web mana yang paling mudah digunakan?
Bahasa pemrograman web mana yang paling populer saat ini?
Pertanyaan-pertanyaan di atas tentunya sangat sering Sobat lontarkan ketika ingin mencoba mendalami dunia pemrograman web untuk pertama kalinya.
Jawaban paling tepat untuk ketiga pertanyaan di atas adalah HTML. Meskipun HTML bukan bagian dari bahasa pemrograman, namun HTML adalah inti dari sebuah halaman web.
Untuk memahami lebih lanjut apa itu HTML, kamu bisa merujuk ke laman ini.
Setelah kamu paham akan dasar-dasar HTML, materi selanjutnya yang wajib kamu pelajari adalah CSS (Cascading Style Sheet) atau PHP (Hypertext Preprocessor), tergantung ketertarikan masing-masing.
Jika kamu tertarik dengan web design, maka kamu bisa lanjut belajar CSS. Jika kamu tertarik dengan pembuatan aplikasi web, maka kamu bisa lanjut belajar PHP.



Tips Belajar Pemrograman Web

belajar pemrograman webPada blog ini, saya ingin membagikan sedikit ilmu untuk Sobat yang mungkin ingin meniti karir di bidang industri teknologi atau kamu yang sekedar ingin tahu bagaimana cara software dan pelayanannya bekerja.
Di bawah ini adalah tips dan ilmu seputar pemrograman web yang dapat memuaskan rasa keingintahuan kamu.
Practice Icons - 325 free vector icons

   Practice Makes Perfect

Tips yang pertama dan paling utama adalah rajin berlatih. Karena dari berlatih itu, kamu akan menemukan banyak masalah dan dari masalah itulah kamu bisa mengambil pelajaran.

Untuk itu, teruslah berlatih menulis kode pemrograman dan coba analisa kode-kode yang telah kamu tulis. Semakin sering kamu menemukan kesalahan, maka semakin teliti pula kamu dalam menyadari kesalahan.
“The expert in anything was once a beginner.”
Guru mengajar Icons - Download 60 gratis Icons PNG, SVG, ICO atau ICNS

Belajar dari Ahli

Jika Sobat merasa kebingungan dalam proses belajar, jangan sungkan untuk bertanya atau meminta bantuan pada programmer yang sudah berpengalaman.

Serap ilmu sebanyak-banyaknya dari mereka dan catat poin-poin yang kamu rasa penting.
“If you lost your way, just ask somebody.”


 Manage Icon Png #34118 - Free Icons Library

Kuasai Berbagai Macam Bahasa Pemrograman

Cobalah kuasai berbagai macam bahasa pemrograman karena nantinya Sobat tidak mungkin akan mendapati satu bahasa pemrograman saja.

Proses belajarnya tentu tidak instan, namun itu tidak seharusnya menjadi masalah. Karena kamu tidak perlu terburu-buru dalam menguasainya. Kamu hanya harus konsisten dan rajin, try to enjoy the process.
“Be the jack of all trades and master of many.”

NSWI

Belajar Analisa Kode

Sobat bisa belajar analisa kode dengan banyak-banyak membaca kode yang terdapat pada Source Forge atau Github.

Pahami bagaimana cara kerja kode-kode tersebut, kemudian temukan pola-pola yang dapat kamu terapkan dan kembangkan sendiri.
“Stay curious and keep learning.”

 Anakanak, membaca, buku Gratis Ikon dari 36 Books & Reading Icons

Banyak-Banyak Membaca

Tips yang mungkin paling mudah dilakukan adalah membaca. Kamu bisa membaca sebuah buku atau artikel tentang pemrograman web seperti yang sedang kamu lakukan saat ini untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.
“Those who love reading have everything within their reach.”

1 komentar: